Sabtu, 23 Maret 2013

Kenalan Sama Stand-Up Comedy

 Mas Wawan sedang ditemani si MC yang cantik, Fariz
 "Stand-up comedy itu ilmu ngobrol."

Itulah ujaran Mas Wawan yang membuka workshop mini tentang stand-up comedy di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Mas Wawan, yang mengawali karirnya sebagai comic dengan open mic bersama @standupUB, bukan comic sembarangan. Aset @StandUpIndo_MLG ini sudah malang-melintang di dunia komedi tunggal, mulai dari menjuarai beberapa kompetisi stand-up comedy hingga berkarir sampai tingkat provinsi. Iya, ini adalah salah satu terobosan @standupUB untuk memasyarakatkan bentuk komedi yang sudah dikenal di Inggris sejak abad ke-18 ke dalam lingkungan Universitas Brawijaya.
Di atas panggung, comic (orang yang ber-stand-up-comedy) mengutarakan keresahannya tentang segala hal, mulai dari diri sendiri, keluarga, kampus, bahkan merambah ranah politik hingga agama. Keresahan itu lalu disusun menjadi bagian singkat dan padat atau pendahuluan yang tidak lucu, yang disebut set up, lalu bumbui dengan punchline, yaitu bagian yang lucu.

"Itulah struktur dasar sebuah joke," sabda mas Wawan.

Setelah beberapa joke sudah terkumpul, maka kita bisa mencobanya di depan umum, bukan cuma disimpan sendiri dalam hati kayak perasaanmu ke gebetanmu #eaa. Seperti sabda mas Wawan yang lain, "seorang comic menguji materinya di open mic." Disana kita bisa mengetahui mana joke yang kuat dan lemah, lalu kita wajib menulis ulang agar kita bisa memiliki sebuah set (sekumpulan joke) yang layak dan memancing tawa yang luar biasa.

Workshop ini dihadiri oleh banyak kalangan, mulai comic itu sendiri yang tergabung dalam @StandUpIndo_MLG, @StandUp_UMM, dan tentu para comic tuan rumah, juga ada para calon comic, sampai mereka yang cuma ingin sekedar melihat Mas Wawan dan beberapa comic yang ingin menjajal panggung di akhir acara.

Ketika lomba #OneLiner berlangsung, diambil oleh @RakhaHidayat23

Selesai mendengarkan tutorial singkat tentang stand-up comedy, peserta diajak bermain lewat game #OneLiner. Peserta diwajibkan membawakan joke pendek yang terdiri dari satu kalimat saja namun bisa mengundang tawa. Pemenangnya mendapatkan potongan harga untuk makan di @Baegopa_Food. Keren plus kenyang!



Lalu disambung dengan beberapa penampilan comic, ada dan

Hena dari UMM
Ahmed, cah UB asli Bojonegoro

Fakhri, dia ganteng

Acara yang edukatif dan bikin terpingkal-pingkal ini dipimpin oleh Yang Maha Sesat, @Luaposeh, juru fotonya @ecchisan, juga didukung oleh @Baegopa_Food dan @BEMFIBUB.

 

Sudah merasa lucu? Ayo open mic dulu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar